RENUNGAN PAGI INI

Minggu, Juli 07, 2013
30 Januari 2011 jam 12:26
Hari ini, Ahad 30 Januari 2011. Rumah penuh dengan anak kecil. Berlarian, berteriak-teriak tak karuan. Beberapa kali diminta sarapan, ada saja alasan. 
Ketika main di hall, sudah di tegur  para emak. 
"Ayo, sarapan dulu!"
Krucil-krucil itu masih asyik berteriak. Hanya menoleh sekilas, mengangguk sekilas, dan....bablass!!
Kali kedua, kembali emak bernyanyi," ayo, sarapan pagi!"  Kali ini sambil menggiring mereka keluar dari hall. Kunyil-kunyil lincah itu memang keluar dari hall, tapi hanya untuk pindah tempat dan melanjutkan niat: teriak-teriak, menyanyi, menari dengan riang. Haduuuhhh..... 
Kali terakhir, keluar jurus pamungkas. Emak kembali berdendang," Ayo, sarapan, sekarang!"\ 
Tanpa toleransi, mereka dihadang dan diantar hingga ke meja makan. Piring-piring disiapkan. Nasi dan lauk dihidangkan. Maka kelotekan dan ocehan simpang siur kesana kemari. Mereka asyik makan sambil bercerita.

Saya mengamati diam-diam. Sambil mengomel, sesekali. Sambil mengomentari, berkali-kali..hihi..

Asyiknya dunia anak. Dan orang tua sering merusak(nya). Dengan tuntutan, ancaman, intimidasi, dan menghakimi.

Betapa sulit menjadi orang tua bersahabat. Yang bisa mendengar (dalam waktu 'selama dibutuhkan' mereka). Yang bisa memahami (segala resah, luka dan kecewa yang sering tak mampu mereka ungkapkan).

Betapa sulit menjadi orang tua bijaksana.Mengamati keceriaan pagi, membuat saya mengerti (saat itu), bahwa anak-anak sungguh berharga....

Ah, jadi merasa bersalah begini yaa....


jOMBANG, 30 JANUARI 2011

Untuk: Muthia, Yasmin, Hilwah, Mbak Icha, Mbak NAbila, Mbak Najma, Mbak Zahra dan kakak Hafidh... We love you all. subhanallah..


Tidak ada komentar:

Ibu Guru Umi. Diberdayakan oleh Blogger.